Kenali Fase Impetigo Ini Agar Mudah Mengatasinya

Fase Impetigo

Impetigo ialah penyakit yang kerap menyerang bayi dan anak-anak, meski tak jarang juga menyerang orang dewasa. Penyakit ini berupa kulit seperti melepuh dan menyebabkan rasa nyeri. Ada dua jenis impetigo, yakni krustosa dan bulosa. Keduanya sangat berbahaya jika dibiarkan. Untuk itu, sebaiknya Anda mengenali fase ketika seseorang terkena impetigo.

Fase-Fase dalam Impetigo

  1. Diawali dengan muncul bintik merah

Gejala pertama ketika terkena impetigo adalah munculnya bintik berwarna merah yang terasa sangat gatal. Hal ini dikarenakan oleh serangan bakteri yang masuk ke dalam pori-pori kulit yang sedang terkena iritasi, seperti kulit terluka atau bekas gigitan binatang. Bakteri kemudian menyerang dan menyebabkan bintik berwarna kemerahan.

Tempat munculnya bintik merah ini biasanya pada area wajah. Selanjutnya, bagian seperti hidung, mulut, serta lengan bagian bawah juga akan terus terkena.

  1. Kulit seperti melepuh

Bintik kemerahan yang terasa gatal pasti akan sangat mengganggu. Hal ini dapat menyebabkan anak merasa ingin menggaruknya. Akan tetapi, saat itulah gejala selanjutnya muncul, yakni kulit akan seperti melepuh. Tidak hanya itu, setelah digaruk, luka akan menyebar dengan sangat cepat ke bagian-bagian tubuh yang lain.

Impetigo memang merupakan penyakit yang bisa menyebar dengan sangat cepat. Selain itu, penyakit ini juga dapat menular ke orang lain melewati kontak fisik, baik kontak secara langsung maupun melalui benda yang telah terkontaminasi oleh bakteri.

  1. Kulit melepuh akan pecah

Setelah memasuki waktu 3-4 hari, biasanya kulit yang terasa seperti melepuh akan pecah. Fase ini benar-benar harus diwaspadai karena pada fase ini penularan ke orang lain bisa sangat cepat. Untuk mengatasi masalah ini, akan lebih baik jika menutup atau mengelap luka dengan bahan-bahan steril dan langsung membuangnya ke tempat pembuangan akhir.

  1. Bekas kemerahan semakin lama semakin menghilang

Setelah satu minggu hingga 10 hari, bekas kemerahan akan semakin menghilang. Fase ini sudah merupakan fase penyembuhan. Pada fase ini, sebaiknya luka dibersihkan secara teratur dan diberikan cairan antiseptik agar tidak kembali menjadi parah. Dalam beberapa hari ke depan, luka akan semakin menghilang.

Tips Mencegah Anak dari Impetigo

  1. Menjaga kebersihan kulit

Impetigo merupakan penyakit yang menyerang kulit. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah menjaga kebersihan kulit sebaik mungkin. Ketika kulit sedang mengalami luka, sebisa mungkin selalu bersihkan dengan cairan antiseptik secara rutin agar bakteri penyebab impetigo tidak menyerang. Selain itu, membiasakan anak untuk selalu mencuci tangan juga bisa menjadi solusi untuk mencegah impetigo.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Selain menjaga kebersihan kulit, menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting. Lingkungan yang kotor akan menyebabkan bakteri penyebab impetigo bisa berkembang sangat cepat. Rutinlah untuk membersihkan tempat-tempat vital seperti kamar anak, tempat bermain anak, dan seluruh rumah jika memungkinkan.

Itulah fase-fase dan beberapa cara mencegah agar anak tidak terserang impetigo. Yang terpenting, kebersihan adalah yang harus diprioritaskan agar bakteri penyebab impetigo bisa diantisipasi.